Selasa, 15 November 2016

alat tranportasi tradisional

angkot padang
Sumber: pustaka.pandani.web.id
1. Angkot PadangKamu tahu angkutan kota (angkot), kan? Nah, alat transportasi ini memang dikenal dengan sistem 'berhenti seenaknya' yang sering membuat kemacetan dan pengguna jalan yang mengeluh. Eits... tapi pelanggan angkot tetap banyak, lo! Nah, rupanya, ada angkot unik nih di Sumatera Barat, yakni angkot padang. Angkot ini memiliki ciri khas, yakni sopirnya yang didominasi oleh anak muda. Mereka pun gemar memodifikasi angkotnya, mulai dari suspensi diceperkan, ban racing, penuh tempelan pada angkotnya, dan lainnya. Kalau kamu ke Sumatera Barat, jangan lupa coba naik angkot padang ya!
Bendi Kota Solok
Sumber: pelangiholiday.com
2. Kuda BendiKuda Bendi merupakan kendaraan umum tradisional yang banyak dipuji dalam kebudayaan Sumatera Barat. Alat transportasi ini berasal dari Kota Solok ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang Belanda zaman dulu. Namun, sayangnya Kuda Bendi sudah jarang terlihat. Apabila dapat ditemukan setiap hari, kini alat transportasi ini hanya ada pada hari-hari pasar yang ramai, yaitu Selasa dan Jumat.
ojek sepeda jakarta
Sumber: gongsol.com
3. Ojek SepedaAdalah primadona transportasi Indonesia sejak tahun 70an. Namun, saat ini ojek sepeda sudah mulai diupakan karena semakin banyaknya transportasi modern yang memudahkan masyarakat. Eitss... kalau kamu ingin coba naik ojek sepeda, coba deh kamu datang ke Terminal Tanjung Priok atau kawasan Kota. Nah, di sana masih bisa kita temukan ojek sepeda itu, lo! Hehehe...
becak
Sumber: Wikipedia
4. BecakKamu tentu tahu becak, bukan? Alat transportasi ini tentu sering kamu jumpai di Indonesia. Di Indonesia, ada dua jenis becak yang biasa digunakan, yaitu becak dengan pengemudi di belakang, biasanya terdapat di Jawa. Selain itu, adapula becak dengan pengemudi di samping, yang biasa ditemukan di Sumatera.
dokar jogja
Sumber: sewasepedajogja.com
5. Dokar JogjaMerupakan alat transportasi tradisional dan menjadi salah satu warisan budaya Jawa dengan ciri khasnya sendiri. Adapun kamu dapat menemukan dokar di beberapa tempat-tempat wisata, seperti Parangtritis, Alun-alun Kidul Yogyakarta Indonesia dan Malioboro. Dokar berbeda dengan andong. Dokar hanya mempunyai dua roda dan ditarik oleh satu kuda, sedangkan andong mempunyai roda empat yang bisa ditarik satu atau dua kuda.
andong
Sumber: pariwisata.jogjakota.go.id
6. AndongMerupakan salah satu alat transportasi tradisional di Solo dan Yogyakarta dan daerah-daerah di sekitarnya, seperti Klaten, Karanganyar, Boyolali, Sragen, dan Sukoharjo. Keberadaan Andong sebagai salah satu warisan budaya Jawa memberikan ciri khas kebudayaan tersendiri yang hingga kini masih terus dilestarikan. Kalau kamu mau merasakan sensai naik andong, yuk berkunjung ke Solo!
pedati
Sumber: flickr.com
7. PedatiBiasanya, pedati terdapat di wilayah pedesaan. Nah, alat transportasi ini digunakan untuk mengangkut orang ataupun barang. Pedati pun ditarik oleh hewan, seperti kuda, sapi, kambing atau kerbau.




sumber    :     http://kidnesia.com/Boleh-Tahu/Ilmu-Pengetahuan-Umum/Inilah-Transportasi-Tradisional-Di-Berbagai-Daerah-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar